Banyak cara
untuk menghormati Nabi, dan memuliakannya, dengan sebutan “sayyidina” tuan,
beginda penghulu, yang mulya, tujuannya hanya penghormatan kepada Nabbi
muhammad saw. hal ini dianjurkan di dalam syariat islam. Sebagaimana firman
Allah SAW :
وسيدا وحسورا ونبيا
من الصالحين
Dan sebagai “Sayyid”
(ikutan). Penahan diri (sebagai pengaruh hawa nafsu) dan seorang Nabi dan
keturunan orang-orang shaleh. ( Al-Imran ayat 39).
انا سيد ولدادام يوم
القيا مة ولا فخر.
Aku adalah
penghulu anak Anak Adam di hari qiyamat, dan bukanlah aku berbangga-bangga
dengannya (HR. Akhmad, Attirmidzi, dan Ibnmu Majah, dari Abi Said). Dan sabda Nabi :
عن ابي هريرة قال:
قال رسو ل الله صلعم . أنا سيد ولدادام يوم القيا مة واول من ينشق عنه القبر وأول
شافع وأول مشفع .
Dari Abu
Hurairaah ra. Beliau berkata : “ Berkata Rosulllah saw. Saya penghulu anak Adam
pada hari qiyamat, orang yang dahulu muncul dari kubur dari orang-orang yang paling
dahulu dibenarkan memberi syafa’at. (HR. Muslim syrarah Muslim 15 halaman 37) (Dirowikan juga oleh Abu Daud Sunan
Abu Daud 4 halaman 218). Juga termaktub kitab shsaheh muslim nomor : “4223”). “Menurt
banyak hadist yang sangat shaheh, bahwa lafad“ Sayyidina” bukan penambahan dari
bacaan sholawat, andaikata tidak termaktub di dalam hadist yang sangat shaheh
tersebut bisa dibenarkan kalau sayyidina sebagai tambahan, sebagaimana yang diklaim
oleh golongan wahabi, karena mungkin tidak menjumpai hadist diatas, atau memang
ada maksud yang tersembunyi untuk tujuan tertentu.
BAGAIMANA
DENGAN HADIST YANG TANPA “SAYYIDINA”, BAIK DI DALAM SHALAT ATAU DI LUAR SHOLAT.
MEMBACA SHOLAWAH BANYAK MACAMNYA BAIK YANG DI CONTOHKAN NABI ATUPUN SHOLAWAT
BUATAN PARA SAHABAT DAN ULAMA’, CONTOH :
اللهم صل على محمد.
Allahumma---sholli---alaa---Mukhammad.
Sholawat macam ini, bisa dikatakan cukup, tidak mesti harus “Sayyidina” adapun
bersayyidina lebih baik, karena sebagai cara ber’adzab(Bersopan santun kepada Nabi Mukhammad saw). Ada
sholawat juga :
اللهم صل على
محمدعبدك ورسولك كما صليت على ابراهم وبارك على محمدوعلى ال محمد كما باركت على
ابراهم وال ابراهم .
Yaa Allah,
turunkan rahmatMu atas Mukhammad, hambaMu dan Rosulmu, sebagaimana engkau telah
menurunkan rahmat atas Ibrahim. Dan beri berkatlah Muhammad dan keluarga
Mukhammad, sebagaimana berkat yang engkau berikan kepada Ibrahim dan keluarga
Ibrahim. (HR.Bukhori shaheh Bukhori 4 halaman 76). Sholawat inipun tidak
membatasi sholawat yang lain, bahkan dalam riwyat "Imam Akhmad, Muslim, Nasa’i dan Turmudzi", ada tambahan كما با ركت على ابراهيم انك حميد مجيد dalam bertahyat, inipun tidak ada kalimat
larangan tentang “bersayyidina”. Bahkan ada yang cukup sederhana :
التحيات المبا ركا ت
الصلوات الطيبات الله السلام عليك ايها النبي ورحمة الله وبركاته السلام علينا
وعلى عباد الله الصالحين اشهد ان لااله الا الله واشهد ان محمد الرشول الله .(
رواه أبو داودعن ابن عباس)
Membaca
shalawat atas Nabi Muhammad saw. waktu membacanya ialah ketika duduk tasyahut
akhir sesudah membaca tasyahut akhir. Adapun sholawat atas keluarga beliau
menurut Imam Syafi’i tidak wajib melainkan sunnah. Bahkan dalam hadist yang
lain :
عن ابن مسعود قال رسول
الله صلعم. اذا صلى احدكم فليقل : التحيات المباركات الصلوات والطيبات السلام عليك
ايها النبي ورحمة الله وبركاته السىلام علينا وعلى عبادالله الصالحين, اشهد ان لا
اله الاالله واشهد ان محمد عبده ورسوله " ثم ليتخيرمن الدعاءاحبه
اليه".
Dari ibnu
Mas’ud. Rosulullah saw. bersabda, “ Apabila salah seorang di antara kamu shalat,
hendaklah ia membaca tasyahud : Segala kehormatan, segala do’a, dan
ucapan-ucapan yang baik kepunyaan Allah. Mudah-mudahan turunlah sejahtera
atasmu hai Nabi, dan begitu juga Rahmat Allah dan karuniaNya. Mudah-mudahan
dilimpahkan pula sejahtera atas kita sekalian, dan atas hamba-hamba Allah yang
saleh-saleh (baik-baik). Aku bersaksi behwa tidak ada Tuhan yang
sebenar-benarnya melainkan Allah, dan aku brsaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba
da utusan-Nya. “ Sambungan hadist “. “ Kemudian hendaklah ia memilih do’a yang
di kehendakinya “.( Riwayat Bukhori Muslim ). Jelas sambugan hadist tesebut,
kita dianjurkan penambahan do’a apa saja yang dianggap mudah di dalam
bertahyat, ” jadi tidak benar, fatwa Salafi Wahabi yang memfatwakan penambahan Sayyidina
dan do’a yang dianggap bid’ah” Dengan dalil :
لاتسيد ني فى
الصلاة
Jangan ber “
Sayyidina “ kepadaku di dalam sembahyang. Hadist ini memang sejak lama populer
di kalangan Wahabi, dari zaman Imam Romli ( wafat 1004 H ) sudah beredar juga,
setelah di selidiki di dalam kitab hadist, ternyata tidak ada alias palsu,
memang sengaja di buat-buat oleh orang yang berkepentingan, kalau di lihat
sejarahnya nanak moyangnya Wahabi sangat memusuhi beginda Nabi, jadi tidak mustahil
hal ini merupakan hadist buatan dari pihak wahabi, bahkan dalam nihayah
dimkatakan :
أما حديث لاتسيد و ني
فى الصلاة فبا طل لا اصل له كما قال بعض متأخرى الحفاظ.
Dan adapun hadist
“La tusayyidunii fi sholah “ adalah hadist yang batil, tidak berdasar.
Demilkian di katakan sebagian huffadz ( Nihayah 1 halaman 509 ).
ANJURAN
MENGUCAPKAN LAFADH “ SAYYIDINA “ SEBAGAI BENTUK “BER’ADZAB”, BERSUNBER DARI
AL-QUR’AN DAN AL-HADIST, JUGA PENDAPAT PARA ULAMA’ DIANTARANYA :
الأ ولى ذكرالسيا دة
لأن الافضل سلوك الادب.
Yang pertama
menyebut “ Sayyid “ karena lebih utama dengan jalan sopan santun. ( al-Bajuri,
Juz 1 halaman 156 ). Juga tersebut dalam kitab ( Nailul Author bagi Asy
syaukani, pada juz ke 2 halaman 302 ).
وشتهرت زيادة سيدنا
قبل محمد .( حا شية تحفةالمحتاج )
Dan telah
masyhur fatwa yang mengatakan bahwa baik sekali di tambah perkataan “ Sayyidina
“ sebelum menyebut nama Nabi Muhammad.( Hasyiyah tuhfah 1 halaman 268 ).
الاولى ذكر
السيادةلأن الأفضل سلوك الأدب ( اعا نة الطا لبين)
Dan
adalah yang lebih baik mengucapkan “ Sayyidina “ sebelum nama Nabi, karena yang
afdhol adalah bersopan terhadap Nabi. ( I’anatut Tholoibin 1 halaman 169 ).
واعتمد الجلال لمحلي
أي فى غير شر حه أن الأفضال زياد تها وأطال فى ذلك وقال : ان حديث لا تسيدو ني فى
الصلاة باطل . ( حا شية تحفةالمحتاج ).
Dan
memegang teguh Syaikh Jalaluddin al-Mahalli akan fatwa yang menyatakan
bahwasanya yang
lebih afdhol adalah menanmbahkan “ Sayyidina “ Fatwa ini, diuraikan panjang
lebar oleh beliau, tetapi bukan dalam kitabnya Syarah Manhaj. Adapun Hadist
yang menyatakan “ “ Janganlah kamu ber Sayyididina “ kepadaku dalam sembahyang
“ adalah hadist mungkar yang di buat-buat, ya’ni hadist maudhuk”.( Hasyiyah
Tuhfah 1 halaman 368).
PENGARANG
DAN PENSYARAH KITAB MANHAJ, KARANGAN “ IMAM NAWAWI “ BEGINI :
نعم !. لا يضر زيادة
ميم فى عليك ولا يانداء قبل ايها ولا وحده لاشريك له بعد أشهد أن لا اله الا الله.
لورودها فى رواية كما قاله شيخنا ولا زيادة عبده مع رسو له ولا زيادة " سيدنا
" قبل محمد . هنا وفى الصلا ة عليه الاتية بل هو أفضل لأن فيه سلوك الأ دب
امتثال الأمر.
Ya !
Tidak merusak (dalam tasyahhud ) menambah huruf “ mim “ pada” alaika “, begitu
juga menambah “ wahdahu “ laa syariikalah “ sesudah “ asyhadu an laa Ilaaha
Illallaah”, begitujuga menambah “ abduhuu sebelum lafadz “warosuuluh” begitu
juga menambah “ Sayyidinaa “ sebelum naman Mukhammad ( DALAM TASYAHHUD ATAU
ALAM SHOLAWAT ), tetapi membaca” Sayyidinaa” lebih afdhol dan kita sudah
menjalankan perintah Nabi serentak dengan memuliakan dan menghormati Nabi. (
Qolyubi 1 halaman 167 ). Juga dijelaskan dalam kitab ( Sa’datut Durain halaman
11 ). Jadi tidak benar tuduhan wahabi panambahan di dalamtahyat dikatakan
bid’ah, “ sedangkan wahabi tidak sadar telah berbat bid’ah seperti taraweh
membaca surat al-qur’an sampai khatam dalam satu bulan juga menetapkannya tidak
ada perintah, juga do’a hatmil Qur’an yang di baca tak sedikitpun hadis yang
menjelaskannya, juga bacaan “ robbanaa walakal hamdu yang dibaca keras belum
ada conto secuilpun dari Nabi, jelas itu perbuatan bid’ah”.
Lihat
dalam kumpulan fatwa ulama’ Wahabi ketika ditanya tentang hadist yang shaheh
dalam bacaan hatmol-Qur,an ? apa jawa mereka “ Saya tidak mengetahui adanya
dalil shaheh yang dapat dimjadikan sandaran untuk melakukan do’a hatmilQur’an dalam sholat, baik dari sunnah Nabi atupun
sunnah sahabat. “Tappi kenapa dikerjakan”, tampaknya Wahabi ini ulama’nya saja
“ kuprul “ hal ini di jelaskan dlam kitab kumpulan fatwa Wahabi, seperti Ibnu
Baz, Ustaimin, Abdullah al-Jibrin, Saleh bnu Fauzan (Al-Bid’ah Wa
al-Muhadzastat, 554 ). Bahkan dalamkitab “ Dailami “ Yang bernama “ Musnadul
Fairdaus “ :
اذا صليتم علي
فأحسنواالصلا ة فانكم لاتدرون لعل ذلك يعرض علي قو لو........( أخرجهالديلمي فى
مسند الفردوس عن ابن مسعود ر.ض.)
Apabila
kamu bersholawat kepadaku, maka ucapkanlah dengan sebaik-baiknya karena kamu
tidak tahu bahwa mungkin sholawat itu di hadapkan kepadaku. ( Hadist ini
dirowikan Dailami dalam kitab Musnadul Firdaus ---Sa’adatut Durain ---Karangan
Ismail bin Yusuf Nabhani ---halaman 57 ). Juga firman Allah SWA. :
لاتجعلوا دعاءالرسول بينكم
كدعاء بعضكم بعضا ( النور ).
Jaganlah
kamu memanggil Rosul sebagaimana panggilan sesama kamu ( An-Nur : 63 ).
والله اعلم
بالصواب.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar