Sabtu, 26 April 2014

SUNNAH MENYAPU MUKA SETELAH SHOLAT.

Sunnah menyapu dahi dan muka setelah setelselesai sembahynag. Keterangan ini sebagaimana hadist yang di terangkan oleh Anas ra. Berkata :

كان رسول الله صلعم , اذا قضى صلا ته مسح جبهته بيده اليمنى ثم قال : اشهد ان لا اله الا الله الرحمن الرحيم اللهم اذهب عن الهم والحزن.                                            


Adalah Rosulullah saw. apabila   beliau telah menyelesaikan sembahyang, maka disapu dahinya dengan tangan kanannya, kemudian dicapkannya :
اشهد ان لا اله الا لله الرحمن الرحيم الهم اذهب عنى الهم والحزن.                              

Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang di sembah selain Allah, yang pengasih dan penyayang. Ya Allah lakukanlah dari padaku sgala duka cita. ( HR Ibnu Sunny, Al-Bazzar, At-thabaraby dan Ibnu Ady ).

Tersebut pula dalam kitab Bugyatul Murtasyidin, fi talkishi fatawa ba’dlil Aimmati minal Ulama’il Muta’akhirin.

روابن منصور انه صلعم , كان اذا قضى صلا ته مسح جبهته بكفه اليمنى ثم امرها على وجهه حتى يأ تي بها على لحيته الشر يفة وقال بسم االله الذى لا اله الا هو عالم الغيب والشهادة الرحمن الرحمن الرحيم , اللهم الذ هب عنى الهم والحزن والغم . اللهم بحمدك انصرفت وبذنبي اعترفت اعوذ بك من شر ما القترفت واعوذ بك من جهدبلاء الد نيا وعذاب الاخرة .

Telah meriwayatkan oleh Ibnu Manshur, bahwasanya Nabi saw. adalah beliau apabila telah menydahi sembahyangnya, menyapulah ia akan dahinya, dengan tapak tangannya, kemudian di lakukan di atas wajahnya, sehingga menyampainya atas janggutnya yang mulia, seraya di ucapkan :

بسم الله الذي لااله الا هو عالم الغيب والشهادة الرحمن الرحيم, اللهم اذهب عن الهم والحزن والغم, اللهم وبحمدك        النصرفت وبذنبي اعترفت اعوذ بك من شرما اقترفت واعوذ بك من جهد بلا ءالدنيا وعذاب الا خرة .       

Dengan nama Allah yang tidak ada Tuhan yang sebenarnya, melainkan Dia, Maha mengetahui yang ghaib dan yang hadlir,Maha pengasih lagi Penyayang. Ya Allah, lakukanlah dari padakau duka nestapa dan kesalahan. Ya Allah dengan pujian Engkau aku berpaling dan terhadap dosaku aku mengaku, aku berlindung dengan Engkau dari kejahatan apa yang aku lakukan, dan aku berlindun dengan engkau dari keberatan cobaan dunia dan akhirat.  (Himpunan Sayyid Abdur rohman bin Muhammad bin Husain bin Umar al-Masyhur Ba Alwi, Mufti negara-negara Hadramaut halaman 49 ).

DAN IMAM NAWAWI DALAM KITAB AL-ADZKAR MENGUTIP HADIST YANG MENJELASKAN, BAHWA ROSULULLAH SAW. SELALU MENGUSAP WAJAH DENGAN TANGAN KANANNYA SETIAP SELALAI SHOLAT :

وروينا فى كتا ب ابن السنى عن انس رضي الله عنه كان رسولا الله صلعم , اذا قضى صلا ته مسح وجهه بيده اليمنى ثم قال أشهد ان لااله الا هو الرحمن الرحيم اللهم اذهب عني الهم والحزن. ( الاذكار )                   

“ Kami meriwayatkan (Hadist) dalam kitabnya Ibnu Al-Sunni, dari sahabat Anas, Ra. Bahwa Rosulullah saw. apabila selesai melaksanakan shalat, Beliau mengusap wajahnya, dengan tangan kanannya, Lalu berdo’a, “ Saya bersaksi Tiada Tuhan kecuali Dia Dzat Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Ya Allah, hilangkanlah dariku kebingungan dan kesusahan.” ( Al- Adzkar, 69 ).
Inilah penjelasan tentang kesunnahan mengusap wajah setelah selesai sholat, yang di kutip seorang ulama’ besar dan pensyarah shaheh Musliam, sebagai bukti, bahwa senantiasa Rosulullah saw. selalu mengusap wajah selesai mengerjakan shalat.

 والله اعلم با لصواب.                                                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar