Tidak
menyangka tokoh wahabi Syaikhul islam Ibnu Taimiyah, sebagai panutan Abdul
Whab, Ustaimin, Albani dan Satibi ikut merayayakan peringatan “Maulid Nabi
Muhammad saw.” Hal ini bisa dilihat dalam karyanya sebuah kitab “ IQTIDHO’
SHIROTOL MUSTAQIM” beliau mengatakan :
فتعظيم
المولد وا تخاده موسما قد يفعله بعض الناس , ويكون له فيه أجر عظيم لحسن قصده
وتعظيمه لرسول الله صلعم , كما قد مته لك,
( ابن التيميه الحرانى,اقتضاء الصراط المستقيم )
“Mengagungkan “ Maulid “ dan menjadikannya sebagai hari raya
setiap musim ( setiap tahaun ) dilakukan sebagian orang, dan ia akan mendapat
pahala yang sangat besar dengan melakukannya karena niatnya yang baik dan
karena mengagungkan Rosululloh saw. sebagaimana telah aku sampaikan “ ( Ibnu
Taimiyah, Iqtidho’ al –Shiroth al-Mustaqim, halaman, 297 )
Dari
penjelasan ini ternyata tokoh nomer wahid dari kalangan wahabi juga mewrayakan
“ Maulid Nbi Muhammad saw, yang di lakukan setiap tahun, lalu alasan apa orang
yang mengatakan peringatan maulid Nabi itu bid’ah ??? betul memang bid’ah
tetapi bid’ah hasanah, karena tokoh kamu juga yang beranggapan demikian. Hal
ini sesuai dengan pendapat Syyidina Umar ra.
وقال
عمر رضي الله عنه, من عظم مولدي النبي صلى الله عليه وسلم فقد احيا الاسلا م
“
Sahabat Umar mengatakan, “ Siapa menghormati lahirnya Rosululloh saw.sama
artinya menghidupkan islam. Bisa dilihat dalam kitab,( Madarij al- Shu’ud
halaman 16 )
Kadang
mati-matian semua bid’ah sesat, hal-hal baru sesat, pekerjaan yang baru sesat,
rupanya selogan itu tidak laku lagi, terbukti “ Ustaimin “ juga mengakui adanya
bid’ah hasanah,ketika membangun Madrasah asal untuk kepentingan menuntut ilmu,
bila menurut syaria’at benar “ bid’ah hasanah, bila untuk kepentingan maksiat,
maka bid’ah dholalah, atau sesat. “ WALAUPUN TIDAK PERNAH DI CONTOHKAN,
DIKERJAKAN ROSULULLOH SAW. “Jadi yang dimaksud:
كل
محد ثة بدعة , وقال من عمل عملا ليس عليه
امرنا فهو رد ( متفق عليه ) كل بدعة
ضلا له , من احدث فى امرنا فهو رد , لايقبل الله لصا حب الدعة , صوما ولا صلا لة
ولا حجا ولا عمرة ولا جهاد ولا عدلا ,
يخرج من الاسلام كما يخرج الشعرة من العجين
( رواه بن ما جه )
Dari
sekian banyak hadist tentang bid’ah,yang dimaksu secara keagamaan, atau secara
aturan syar’iat bukan secara lughowi, istilah, hal ini diperkuat oleh ulamak besar seperti Syaihk
Izzuddin bin Abdissalam,
البد
عة فعل مالم يعهد فى عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم.
Bid’ah adalah “ pekerjaan keagamaan yang
tidak dikenal pada zaman Rosululloh saw. ( wafat : 660 H) dalam kitab “
Qowaidul ahkam “ dan ini sesuai dengan imam-imam muhaddistin termasuk Imam
Syafi’ai ra. Jadi walaupun tidak di kerjakan pada zaman Rosul kalau dipandang
dari syariat benar “ bid’ah hasanah “ dan sebaliknya. Akan tetapi kalau hadist
diatas, diartikan “ SEMUA YANG TIDAK DI CONTOHKAN ROSUL SESAT “.Kenyataannya
Ibnu Taimiyah “ Mengadakan Maulid Nabi, Ustaimin membangaun Madrasah, walaupun
tidak di dicontohkan Rosul”. Walaupun tidak pernah di contohkan Rosul asal
membangunnya sesuai dengan syari’at untuk kepentingan belajar keagamaan itu boleh
walaupun bentuknya Bi’ah Hasanah, kata beliau.
Dan
lebih jauh lagi “ HAUL USTAIMIN “ yang diadakan pada bulan januari 2010 di
Hotel kairo, di bawah nangan Duta Besar Saudi Di Kairo, Hisyam Muhyiddin.
Rangkaian acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, di lanjutkan
dengan pujian-pujian terhadap almarhum. Sambutan pertama disampaikan ketua
yayasan al-Rusydi sekaligus Presiden Asosiasi Penerbit Saudi. Sambutan
selanjutnya disampaian Abdulloh, putra Ustaimin, kemudian atase kebudayaan
Saudi Muhammad bin Abdul aziz Al-Aqil. Yang disebutkan belakangan ini banyak
mengulas manaqib syehk al-Ustaimin, dengan menjelaskan tahun,lahir dan
wafatnya. “ PERAYAAN INI ADALAH SEDIKIT YANG BISA KAMI PERSEMBAHKAN UNTUK
MENDIANG SYEKH USTAIMIN,” UJARNYA. Sampai-sampai pengagumnya mengubah sebuah
sya’ir:
والله لو وضع
الا نام محا فلا = ما وفت الشيخ الوقورحقه
“ Demi Alloh,
seandainya segenap manusia membuat banyak perayaan untuk Syekh Ustaimin, hal
itu tidaklah mampu memenuhi hak beliau.”
Syair
inilah yang menunjukkan pengkultusan kepada orang-orang wahabi terhadap Syeh
Ustaimin. Pengagung yang kebablasan juga berikan kepada pendiri aliran wahabi,
Muhammad bin Abdul Wahab. Tidak berhenti sampai disitu, Syekh Ustaimin sering
membuat fitnah melalui karya tulisannya :
ولا
اعلم الى سا عتي هده انه جاءأن البي صلى الله عليه وسلم أفصل الخلق مطلقا فى كل
شيئ
“ Dan saya tidak
mengetahui sampai detik ini bahwa Muhammad adalah mahluk Alloh yang lebih utama
dari segala mahluk apapun secara mutlak “.Hal inilah yang membuat penganut
wahabi lebih mengagungkan Ustaimin dari pada Beginda Rosulillah saw. Silahkan
anda membuat kesimpulan, siapakah yang batil. Dari penjelasan ini, bukankah
haul perayaan Ustaimin dan abdul Wahab sebagai nenek moyangnya bid,ah ? anda
jawab sendiri. Adakah landasan dari Qur’an dan Hadist yang mnjelaskannya, ?
sampai kiamat tidak akan pernah ada. Yang lebih aneh lagi wahabi ini, senag
merendahkan derajatnya Rosululloh saw. Syeh Akhmad Zaini Dahlan menuturkan :
“
Syeh ibn Abdul wahab sering melecehkan nama Rosululloh saw. melalui
ungkapan-ungkapannya, dengan alasan memurnikan tauhid. Misalnya, dia memanggail
Rosululloh dengan sebutan “ TARISY “ Tarisy dalam bahasa Masyriq berarti orang
yang berpropesi mengentarkan pesanan barang kepada orang lain ( kurir) yang
intinya merendahkan Rosululloh saw. Sampai-sampai sebagian pengikutnya, sering
mengatakan, “ TONGKATKU INI LEBIH MULIA DARI MUHAMMAD, KARENA BISA DI
MAMFA’ATKAN UNTUK MEMBUBUNUH ULAR DAN SEJENISNYA, SEDANGKAN MUHAMMAD SUDAH JADI
BANGKAI, TIDAK TERSISA SEDIKITPUN MANFA’AT DARINYA. DIA HANYALAH TARISY DIMASA
LALU.”
“
Ahmad Zain Dahlan : dalam ( Khulashoh al-Kalam fi Bayan Umara al-Balad al –
Harom jilid 2 hal 227, cet, pertama Istambul,1986 M, h,145 )
Itukah
selogan “ PEMURNIAN TAUHID ? “ Ternyata yang selama ini kau anggap syerek
seperti ziarah kubur, tawassul memperingati Maulid Nabi “ yang jela-jelas
terdapat dalam Al-Qur’an Hadist, ternyata bentuk pangingkaran terhadap syariat
islam, “ DAN SELOGAN-SELOGAN YANG NAJIS “ sebagai sekenario salafi yahudi,
bukankah Alloh dan malaikatnya telah memuliakan beliau, melalui sholawatnya.
Maka tidak heran kalau salafi wahabi melarang sebutan “ Sayyidina “ “ penghulu
“ dengan dalih pemurnian tauhid (lihat karya Al-Bani dalam Irsyad As-Sari, )
lagi-lagi “ PEMURNIAN TAUHID “ Bukankah Rosululloh saw. sebagai:
انا
سيد ولدادم يوم القيامة ولا فخر , انا
سيد القوم يمم اليامة , انا سيدالناس يوم القيامة
“ Aku adalah
sayyidnya anak adam, dan ( julukan ini bukan untuk kesombongan “). “ Aku adalah
sayyidnya kaum pada hari Qiyamat “ “ Aku
adalah sayyidnya manusia padahari qiyamat “ lihat ( Muslim, dalam shohehnya,
no: 4223 ) (Abu Daud dalam sunannyan : 4053 )( Tirmidzi dan Ibnu Majah 3073,
3548 ) ( Bukhori dalam shohehnya 3092, 4343 ) ( Muslim dalam shohehnya 287 ).
Masihkah anda mengatakan paling bertauhid, paling benar, tenyata sebaliknya.
Sehubungan dengan Maulid Nabi Muhammad saw. kami bawakan firman Alloh swa.
قل
بفضل الله وبرحمته فبذالك فليفرحوأ
“ Katakanlah; “
Dengan karunia Alloh dan rahmat-Nya,hendaklah dengan itu mereka bergembira”. (
QS.Yunus 58 ). Ibnu Abbas menafsirkan dengan “ Dengan karunia Alloh “ ( yaitu
ilmu ) sedangkan rahmatNya (yaitu Muhammad saw. ) Hendaklah dengan itu
bergembira” ( Al-Hafizh al-Suyuthi,ad-Dur al-Mastur jus 2 hal 308 ). Firman
Alloh :
وكل
نقص عليك من انباء الرسلم ما نثبت به فؤادك
“
Dan semua kisah dari rosu-rosul kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang
dengannya kami teguhkan hatimu.” ( QS. Hud : 120 ) Ayat ini, menegaskan bahwa
penyajian kisah-kisah para Rosul dalam Al-Qur’an adalah untuk meneguhkan hati
Nabi, dan tentu saja kita yang dho’if ini, lebih membutuhkan peneguhan hati
dari beliau, dalam peringatan maulid Nabi Muhammad saw.a sebagai rahmad yang
patut kita bergembir dan kita teladani.
JUGA
SEBAGAI PANUTUP DARI RISALAH INI, KAMI SAMPAIKAN P-ENDAPAT SYAIKHUL ISLAM IBNU
TAIMIYAH:
يقول
ابن تيمية قد يثاب بعض الناس على فعل المو لد وكذالك ما يحد ثه بعض الناس اما مضا
هاة للنصارى فى ميلاد عيسى عليه السلا م واما محبة لنبي صلعم . وتعظيما له والله
قد يثيبهم على هده المحبة والا جتهاد لا على البد عة. ( منهج السلف فى فهم النصوص
بين النظرية والتطبق )
“ Ibn Taimiyah
berkata “ orang-orang yang melaksanakan
perayaan Maulid Nabi saw. akan diberi pahala. Demikian pula yang dilakukan oleh
sebagian orang, ada kalanya bertujuan meniru dikalangan Nasrani, yang
memperingati Nabi Isa as. Dan adakalanya juga dilakukan sebagai expresi rasa
cinta dan penghomatan kepada Nabi Muhammad saw. akan memberi pahala kepada
mereka atas kecintaan mereka kepada Nabi mereka, bukan dosa atas bid’ah yang
mere lakukan,” ( Manhaj al-Salf fi fahm
al –Nushus Bain al-Nazhariyah wa al-Tathbiq, 399 ).
Jelas
sekali, walaupun sifatnya “ BID’AH HASANAH “ menurut Syaikhul Islam Ibnu
Taimiyah dan pelakunya akan diberi pahala, karena bentuk kecintaannya kepada
Rosulillah saw. dan tentunya menurut beliau “ TIDAK SEMUA BID’AH SESAT “
TINGGAL DITINJAU DARI SYARIA’AT ISLAM. Dan
dalam bersholawat kita di sunnahkan berdiri, sebagai bentuk penghormatan kepada
Nabi Muhammad saw :
عن
أبي سعيد الخدري قال . قال رسول الله صلعم
. للا نصا ر قوموا الى سيدكم أوخيركم . (
صحيح مسلم )
“ Dari Abi Sa’id Al-Hudri
beliau berkata, “ Rosululloh saw. bersabda pada sahabat Anshor,” Berairilah
kalian untuk tuan kalian atau orang yang paling baik untuk kalian.” ( shoheh
Muslim 3314 ).
والله
اعلم باالصواب
Tidak ada komentar:
Posting Komentar