Minggu, 19 Januari 2014

IBNU TAIMIYAH MEMBENARKAN “ BID’AH HASANAH “ PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW.

Tidak menyangka tokoh wahabi Syaikhul islam Ibnu Taimiyah, sebagai panutan Abdul Whab, Ustaimin, Albani dan Satibi ikut merayayakan peringatan “Maulid Nabi Muhammad saw.” Hal ini bisa dilihat dalam karyanya sebuah kitab “ IQTIDHO’ SHIROTOL MUSTAQIM” beliau mengatakan :                                                         

فتعظيم المولد وا تخاده موسما قد يفعله بعض الناس , ويكون له فيه أجر عظيم لحسن قصده وتعظيمه لرسول الله صلعم , كما قد مته لك,  ( ابن التيميه الحرانى,اقتضاء الصراط المستقيم )                         

 “Mengagungkan “ Maulid “ dan menjadikannya sebagai hari raya setiap musim ( setiap tahaun ) dilakukan sebagian orang, dan ia akan mendapat pahala yang sangat besar dengan melakukannya karena niatnya yang baik dan karena mengagungkan Rosululloh saw. sebagaimana telah aku sampaikan “ ( Ibnu Taimiyah, Iqtidho’ al –Shiroth al-Mustaqim, halaman, 297 )

Dari penjelasan ini ternyata tokoh nomer wahid dari kalangan wahabi juga mewrayakan “ Maulid Nbi Muhammad saw, yang di lakukan setiap tahun, lalu alasan apa orang yang mengatakan peringatan maulid Nabi itu bid’ah ??? betul memang bid’ah tetapi bid’ah hasanah, karena tokoh kamu juga yang beranggapan demikian. Hal ini sesuai dengan pendapat Syyidina Umar ra.
وقال عمر رضي الله عنه, من عظم مولدي النبي صلى الله عليه وسلم فقد احيا الاسلا م              

“ Sahabat Umar mengatakan, “ Siapa menghormati lahirnya Rosululloh saw.sama artinya menghidupkan islam. Bisa dilihat dalam kitab,( Madarij al- Shu’ud halaman 16 ) 

Kadang mati-matian semua bid’ah sesat, hal-hal baru sesat, pekerjaan yang baru sesat, rupanya selogan itu tidak laku lagi, terbukti “ Ustaimin “ juga mengakui adanya bid’ah hasanah,ketika membangun Madrasah asal untuk kepentingan menuntut ilmu, bila menurut syaria’at benar “ bid’ah hasanah, bila untuk kepentingan maksiat, maka bid’ah dholalah, atau sesat. “ WALAUPUN TIDAK PERNAH DI CONTOHKAN, DIKERJAKAN ROSULULLOH SAW. “Jadi yang dimaksud:

كل محد ثة بدعة , وقال  من عمل عملا ليس عليه امرنا فهو رد ( متفق عليه )      كل بدعة ضلا له , من احدث فى امرنا فهو رد , لايقبل الله لصا حب الدعة , صوما ولا صلا لة ولا حجا ولا عمرة  ولا جهاد ولا عدلا , يخرج من الاسلام كما يخرج الشعرة من العجين   ( رواه بن ما جه )                                           

Dari sekian banyak hadist tentang bid’ah,yang dimaksu secara keagamaan, atau secara aturan syar’iat bukan secara lughowi, istilah, hal ini diperkuat oleh ulamak besar seperti Syaihk Izzuddin bin Abdissalam,

البد عة فعل مالم يعهد فى عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم.                          

  Bid’ah adalah “ pekerjaan keagamaan yang tidak dikenal pada zaman Rosululloh saw. ( wafat : 660 H) dalam kitab “ Qowaidul ahkam “ dan ini sesuai dengan imam-imam muhaddistin termasuk Imam Syafi’ai ra. Jadi walaupun tidak di kerjakan pada zaman Rosul kalau dipandang dari syariat benar “ bid’ah hasanah “ dan sebaliknya. Akan tetapi kalau hadist diatas, diartikan “ SEMUA YANG TIDAK DI CONTOHKAN ROSUL SESAT “.Kenyataannya Ibnu Taimiyah “ Mengadakan Maulid Nabi, Ustaimin membangaun Madrasah, walaupun tidak di dicontohkan Rosul”. Walaupun tidak pernah di contohkan Rosul asal membangunnya sesuai dengan syari’at untuk kepentingan belajar keagamaan itu boleh walaupun bentuknya Bi’ah Hasanah, kata beliau.

Dan lebih jauh lagi “ HAUL USTAIMIN “ yang diadakan pada bulan januari 2010 di Hotel kairo, di bawah nangan Duta Besar Saudi Di Kairo, Hisyam Muhyiddin. Rangkaian acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, di lanjutkan dengan pujian-pujian terhadap almarhum. Sambutan pertama disampaikan ketua yayasan al-Rusydi sekaligus Presiden Asosiasi Penerbit Saudi. Sambutan selanjutnya disampaian Abdulloh, putra Ustaimin, kemudian atase kebudayaan Saudi Muhammad bin Abdul aziz Al-Aqil. Yang disebutkan belakangan ini banyak mengulas manaqib syehk al-Ustaimin, dengan menjelaskan tahun,lahir dan wafatnya. “ PERAYAAN INI ADALAH SEDIKIT YANG BISA KAMI PERSEMBAHKAN UNTUK MENDIANG SYEKH USTAIMIN,” UJARNYA. Sampai-sampai pengagumnya mengubah sebuah sya’ir:                    

والله لو وضع الا نام محا فلا  =  ما وفت الشيخ الوقورحقه                                    
“ Demi Alloh, seandainya segenap manusia membuat banyak perayaan untuk Syekh Ustaimin, hal itu tidaklah mampu memenuhi hak beliau.”
Syair inilah yang menunjukkan pengkultusan kepada orang-orang wahabi terhadap Syeh Ustaimin. Pengagung yang kebablasan juga berikan kepada pendiri aliran wahabi, Muhammad bin Abdul Wahab. Tidak berhenti sampai disitu, Syekh Ustaimin sering membuat fitnah melalui karya tulisannya :

ولا اعلم الى سا عتي هده انه جاءأن البي صلى الله عليه وسلم أفصل الخلق مطلقا فى كل شيئ         

“ Dan saya tidak mengetahui sampai detik ini bahwa Muhammad adalah mahluk Alloh yang lebih utama dari segala mahluk apapun secara mutlak “.Hal inilah yang membuat penganut wahabi lebih mengagungkan Ustaimin dari pada Beginda Rosulillah saw. Silahkan anda membuat kesimpulan, siapakah yang batil. Dari penjelasan ini, bukankah haul perayaan Ustaimin dan abdul Wahab sebagai nenek moyangnya bid,ah ? anda jawab sendiri. Adakah landasan dari Qur’an dan Hadist yang mnjelaskannya, ? sampai kiamat tidak akan pernah ada. Yang lebih aneh lagi wahabi ini, senag merendahkan derajatnya Rosululloh saw. Syeh Akhmad Zaini Dahlan menuturkan :

“ Syeh ibn Abdul wahab sering melecehkan nama Rosululloh saw. melalui ungkapan-ungkapannya, dengan alasan memurnikan tauhid. Misalnya, dia memanggail Rosululloh dengan sebutan “ TARISY “ Tarisy dalam bahasa Masyriq berarti orang yang berpropesi mengentarkan pesanan barang kepada orang lain ( kurir) yang intinya merendahkan Rosululloh saw. Sampai-sampai sebagian pengikutnya, sering mengatakan, “ TONGKATKU INI LEBIH MULIA DARI MUHAMMAD, KARENA BISA DI MAMFA’ATKAN UNTUK MEMBUBUNUH ULAR DAN SEJENISNYA, SEDANGKAN MUHAMMAD SUDAH JADI BANGKAI, TIDAK TERSISA SEDIKITPUN MANFA’AT DARINYA. DIA HANYALAH TARISY DIMASA LALU.”
“ Ahmad Zain Dahlan : dalam ( Khulashoh al-Kalam fi Bayan Umara al-Balad al – Harom jilid 2 hal 227, cet, pertama Istambul,1986 M, h,145 )

Itukah selogan “ PEMURNIAN TAUHID ? “ Ternyata yang selama ini kau anggap syerek seperti ziarah kubur, tawassul memperingati Maulid Nabi “ yang jela-jelas terdapat dalam Al-Qur’an Hadist, ternyata bentuk pangingkaran terhadap syariat islam, “ DAN SELOGAN-SELOGAN YANG NAJIS “ sebagai sekenario salafi yahudi, bukankah Alloh dan malaikatnya telah memuliakan beliau, melalui sholawatnya. Maka tidak heran kalau salafi wahabi melarang sebutan “ Sayyidina “ “ penghulu “ dengan dalih pemurnian tauhid (lihat karya Al-Bani dalam Irsyad As-Sari, ) lagi-lagi “ PEMURNIAN TAUHID “ Bukankah Rosululloh saw. sebagai: 

انا سيد ولدادم يوم القيامة ولا فخر ,   انا سيد القوم يمم اليامة  ,    انا سيدالناس يوم القيامة           

“ Aku adalah sayyidnya anak adam, dan ( julukan ini bukan untuk kesombongan “). “ Aku adalah sayyidnya kaum pada hari Qiyamat “  “ Aku adalah sayyidnya manusia padahari qiyamat “ lihat ( Muslim, dalam shohehnya, no: 4223 ) (Abu Daud dalam sunannyan : 4053 )( Tirmidzi dan Ibnu Majah 3073, 3548 ) ( Bukhori dalam shohehnya 3092, 4343 ) ( Muslim dalam shohehnya 287 ). Masihkah anda mengatakan paling bertauhid, paling benar, tenyata sebaliknya. Sehubungan dengan Maulid Nabi Muhammad saw. kami bawakan firman Alloh swa.

قل بفضل الله وبرحمته فبذالك فليفرحوأ                                         

“ Katakanlah; “ Dengan karunia Alloh dan rahmat-Nya,hendaklah dengan itu mereka bergembira”. ( QS.Yunus 58 ). Ibnu Abbas menafsirkan dengan “ Dengan karunia Alloh “ ( yaitu ilmu ) sedangkan rahmatNya (yaitu Muhammad saw. ) Hendaklah dengan itu bergembira” ( Al-Hafizh al-Suyuthi,ad-Dur al-Mastur jus 2 hal 308 ). Firman Alloh :

وكل نقص عليك من انباء الرسلم ما نثبت به فؤادك                               

“ Dan semua kisah dari rosu-rosul kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya kami teguhkan hatimu.” ( QS. Hud : 120 ) Ayat ini, menegaskan bahwa penyajian kisah-kisah para Rosul dalam Al-Qur’an adalah untuk meneguhkan hati Nabi, dan tentu saja kita yang dho’if ini, lebih membutuhkan peneguhan hati dari beliau, dalam peringatan maulid Nabi Muhammad saw.a sebagai rahmad yang patut kita bergembir dan kita teladani.

JUGA SEBAGAI PANUTUP DARI RISALAH INI, KAMI SAMPAIKAN P-ENDAPAT SYAIKHUL ISLAM IBNU TAIMIYAH:

يقول ابن تيمية قد يثاب بعض الناس على فعل المو لد وكذالك ما يحد ثه بعض الناس اما مضا هاة للنصارى فى ميلاد عيسى عليه السلا م واما محبة لنبي صلعم . وتعظيما له والله قد يثيبهم على هده المحبة والا جتهاد لا على البد عة. ( منهج السلف فى فهم النصوص بين النظرية والتطبق )                              

“ Ibn Taimiyah berkata “  orang-orang yang melaksanakan perayaan Maulid Nabi saw. akan diberi pahala. Demikian pula yang dilakukan oleh sebagian orang, ada kalanya bertujuan meniru dikalangan Nasrani, yang memperingati Nabi Isa as. Dan adakalanya juga dilakukan sebagai expresi rasa cinta dan penghomatan kepada Nabi Muhammad saw. akan memberi pahala kepada mereka atas kecintaan mereka kepada Nabi mereka, bukan dosa atas bid’ah yang mere  lakukan,” ( Manhaj al-Salf fi fahm al –Nushus Bain al-Nazhariyah wa al-Tathbiq, 399 ).

Jelas sekali, walaupun sifatnya “ BID’AH HASANAH “ menurut Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan pelakunya akan diberi pahala, karena bentuk kecintaannya kepada Rosulillah saw. dan tentunya menurut beliau “ TIDAK SEMUA BID’AH SESAT “ TINGGAL DITINJAU DARI SYARIA’AT ISLAM.  Dan dalam bersholawat kita di sunnahkan berdiri, sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad saw :    

عن أبي سعيد الخدري قال .  قال رسول الله صلعم . للا نصا ر قوموا الى سيدكم أوخيركم  . ( صحيح مسلم )    

“ Dari Abi Sa’id Al-Hudri beliau berkata, “ Rosululloh saw. bersabda pada sahabat Anshor,” Berairilah kalian untuk tuan kalian atau orang yang paling baik untuk kalian.” ( shoheh Muslim 3314 ).
                                       
                     والله اعلم باالصواب                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar